Jumat, 07 Januari 2011

Akhir Musim MU Cuci Gudang

Liputan6.com, Manchester: Dengan beraneka ragam alasan, faktor usia dan kurangnya kesempatan bermain di tim inti, di akhir musim Manchester United akan melakukan perombakan cukup besar-besaran, yaitu dengan membuka pintu keluar dari Old Trafford kepada sekurang-kurangnya enam pemain senior.

Keenam pemain yang dimaksud adalah kiper veteran asal Belanda Edwin van der Sar yang diyakini akan menggantungkan sarung tangannya, penjaga gawang asal Polandia, Tomasz Kuszczak, bek Gary Neville dan Wes Brown, plus Owen Hargreaves yang tak kunjung mampu mengembalikan kondisi fisiknya pasca-operasi lutut serta striker Michael Owen.

Dengan masih mengambangnya masa depan Ryan Giggs dan Paul Scholes, hampir dapat dipastikan wajah skuad Setan Merah di musim depan merupakan salah satu komposisi tim termuda yang pernah ditangani Sir Alex Ferguson sejak perombakan tim di musim panas 1995 lalu. Ketika itu Ferguson “mengusir” Paul Ince, Mark Hughes, dan Andrei Kanchelskis, dengan sejumlah pemain muda yang potensial seperti Neville bersaudara, Scholes, David Beckham, dan Nicky Butt.

Terlepas dari sikap respek terhadap loyalitas keenam pemain tersebut, Ferguson mengaku tak punya pilihan lain demi mempertahankan kualitas tim. “Ketika usia mereka bertambah (menua), level penampilannya bakal menurun. Di sisi lain, kami harus mampu mempertahankan level kesuksesan tim di sepanjang waktu. Karenanya, seiring dengan bertambahnya usia pemain, Anda harus menyadarinya dan mereka harus pergi,” tegas Ferguson.

Lebih jauh, Ferguson memberikan sinyal jika duet muda asal Brasil, Anderson Luis Oliveira dan Rafael da Silva menjadi pemain yang bakal diproyeksikan sebagai pengganti Scholes dan Neville. Setelah sempat jalan di tempat, Anderson, 22 tahun, menunjukkan perkembangan yang mengesankan yang membuatnya diganjar perpanjangan kontrak selama lima tahun pada Desember lalu.

“Dalam jangka panjang, saya berharap ia (Anderson) dapat memberi bukti bahwa ia pantas menjadi suksesor Paul (Scholes). Tugas yang sangat sulit untuk mencapai level seperti itu. Lagipula tantangan yang ada akan menguji kepercayaan dirinya. Namun, itulah yang harus dijalani seorang pemain untuk meningkatkan kapabilitasnya,” terang Fergie yang tak lupa memuji Rafael yang dinilainya mampu menjadi pengganti Neville.

Berikut bayang-bayang skuad muda MU (dalam kurung usia pemain).
Kiper:
Keluar: Edwin van der Sar (40), Tomasz Kuszczak (28)
Masuk: Anders Lindegaard (26)
Target: Manuel Neuer (24), David de Gea (20)

Belakang:
Keluar: Gary Neville (35), Wes Brown (31)
Masuk: Rafael da Silva (20), Jonny Evans (23), Chris Smalling (21)

Gelandang:
Keluar: Paul Scholes (36), Owen Hargreaves (29)
Masuk: Anderson (22), Darron Gibson (23), Tom Cleverley (21)

Depan:
Keluar Michael Owen (31)
Masuk: Danny Welbeck (20), Javier Hern�ndez (22), Bebe (20).
(MEG/Telegraph)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar